Rabu, 16 Maret 2016

Kampanyekan Internet Sehat, KISA Hadir di SMP 1 Depok

Manager Event KISA, Tania Caesari Takalissa, saat mensosialisasikan tentang pemanfaatan internet sehat kepada pelajar di SMPN 1 Depok, Senin (14/3/2016).
Komunitas Internet Sahabat Anak (KISA) yang selama ini aktif dalam gerakan internet sehat, melakukan kunjungan dan mensosialisasikan tentang pemanfaatan internet sehat kepada pelajar di SMPN 1 Depok, Senin (14/3/2016).

Dalam kesempatan tersebut, manager event KISA, Tania Caesari Takalissa, menjadi pemateri dengan didampingi oleh tim Mobile Community Access Point (MCAP) dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. Dalam paparannya, Tania menjelaskan tentang internet sehat sekaligus memperkenalkan kehadiran KISA sebagai sebuah komunitas yang bergerak di bidang literasi media digital untuk anak-anak dan remaja. Tania juga menjelaskan, adanya komunitas ini guna mengurangi dampak buruk internet serta manfaat dari internet bagi anak-anak maupun remaja.

Kegiatan sosialisasi internet sehat ini merupakan salah satu upaya Depok untuk menjadi Smart City. Salah satunya melalui kegiatan MCAP, yakni mobil yang dilengkapi dengan peralatan teknologi informasi, seperti komputer, internet, wireless access point, modem CDMA, dan generator listrik. Selama 100 hari ke depan, MCAP juga akan mengunjungi seluruh SMP se-Kota Depok untuk memperkenalkan cara menggunakan internet secara sehat dan bermanfaat untuk pelajar.

Sementara itu, Rita Nurlita selaku Founder Komunitas Internet Sahabat Anak mengungkapkan bahwa dirinya bersama komunitas yang dipimpinnya akan menyasar ke setiap sekolah guna menyampaikan tentang literasi media digital untuk pelajar.

“Kami ingin memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada pelajar tentang cara menggunakan internet secara bijak dan bermanfaat, sehingga para pelajar nantinya bisa memiliki kemampuan sendiri untuk memilih konten yang bermanfaat bagi mereka dan menggunakan internet secara positif," tutur Rita, yang juga penulis buku Terjebak Di Dunia Maya.

Sekadar informasi, selain memberikan sosialisasi terkait internet sehat ke sekolah-sekolah, pada Sabtu (19/3/2016) nanti, KISA juga akan mengadakan workshop tentang "parental control dan tips memblokir konten negatif" dengan menghadirkan pembicara Indriyatno Banyumurti (Ketua Relawan TIK Nasional & PT Chelonind Integrated).


(Fahrudin Mualim)

0 komentar:

Posting Komentar